Minggu, 04 Juli 2010

Bolang to Garut


Depan Gua


Uap Kawah Hujan

Sauna

Berhasil.. Horeee...

Kawah Hujan



Menuju Kawah Hujan

Kawah Kereta Api

Kawah Manuk

menuju Candi


Pemandangan Desa Cangkuang


Situ Cangkuang

Naik Rakit

Pemandangan Gunung Halimun




Candi Cangkuang



Berawal dr pembicaraan antara gw dg tmn kntr gw,
sebut aja Nita&Arum,

yg sdh mgalami titik jenuh dlm bkerja di kntr.


“Aduh,gw pgn liburan!”

“Sama Jeng. Gw jg bosen. Ngebolang yuks!kemana keq! Mumpung akhir bln ada libur panjang nih!”
tmn2 gw pd menyetani gw utk jln.
Argh... :(

Akhirny dr obrolan iseng itu,
muncul niat gw&Nita u/ngebolang beneran.

Dipilihlah 1 hari yg tepat u/lburan,tgl 26 Feb 10.


Dg gradak-gruduk (krn tinggal 10 hr lg mnuju hari H),

gw searching bbrpa tempat wisata yg ok&murah.

Pgn k Bdg,tp tgl 12 Feb kmrn kan gw abis dr sana.

Pgn ke Bogor,tp nnti gw jg tinggal d Bogor.

Cari tempat yg lain aja ah.

Hmm, teringat akan suatu note tagged-an fesbuk dr kk kelas kuliah, gw buka lg tu note.
Alhasil gw interest&penasaran sm nih tempat,yaitu GARUT.

Slama 3 hr,
gw cri tau t4 yg layak u/dikunjungi d Garut apa aja,
mulai dr bertanya sm mbah google, situs pemda Garut jg blog2 org

Sembari bwt semacam proposal (t4 wisata, biaya, transport&agenda acara),
gw mlai cri calon backpacker.
Tnyata respon dr tmn2 gw byk jg.

Dg dua mobil sewaan tepatnya kita ke Garut...

Bismillah....


7.30 :

Berangkatlah mobil 1 mnuju tol Cipularang,

sdgkn mobil 2 dr Tgr lgsg jemput ank2 di Bekasi dan
qt ktmuan d 1st rest area, Cipularang.
Stibanya dsna,qt pindah formasi sesuai mobil yg dtentukan.


Cabs deh jam 9.00 k Garut!

Sampe di ujung tol Padalarang, qt ambil arah Garut.
Sbnrnya gw jg g tw jalannya,
Cm bermodal nekad dg sebuah peta d tangan yg gw print dr Google
dan bermodal ke-SOKTAU-an,akhirny sampe Nagrek.
Gini nih jiwa petualang...

penuh improvisasi...

^_^


Sambil nunggu mobil 2 yg trtinggal jauh d blkg,

qt bhenti d sbwh warung.

Kata si empunya warung, kecamatan Leles udh deket ko, krg lbh 30mnt lg.

Tp berhubung jam d tangan mnunjukkan 11.45,
qt bhenti d kecamatan Kadungora
(cowonya harus shalat jumat).
Sdgkn kaum hawa mkn rujak&minum es buah.
Yg khas dr es-nya yaitu pake irisan tomat.

Beuh cm ada d GARUT tuh!
^_^

Jam 1 qt jln mnju Situ Cangkuang,

sekali lg dg bermodal peta&petunjuk arah jalan,
smpe jg di alun2 Leles.
Sebenarnya menurut blog orang yg gw baca,

Sebelum alun2 qt hrs belok kiri.

Tp gmn mw belok kiri,tuh polisi berdiri d tengah jalan.

Hmfuh!!

Akhirnya qt muter d depan alun2, lalu belok kanan.

wew, pesona yg indah.
Qt mulai memasuki alam pedesaan.

Di kanan-kiri qt, sejauh mata memandang terbentang sawah hijau yg menyejukkan mata.
Tersihir dg pemandangan yg ada,
Membuat qt lupa,
Qt msti kmana lg nih.

Jangan2 slh jalan.

Keraguan mulai melanda,apa iya ini jalanny mnuju Situ Cangkuang?

Ko aneh y t4 wisata jalannya sempit gini?

mana sepi pula,ga ada angkot.

Akhirny qt memutuskan u/bertanya,
Tp tetep si Adit maunya nanya ma cewe cantik (dasar cwo :P ).


Ternyata alhamdulillah benar,tinggal lurus aja.

Mas Jul (supir) nyeletuk,

”mau ke situ aj ko jauh2?
D pinggir Jkt kan jg ada"


Hmm,bnr jg c.

Mw k situ aj pake ke situ??

Aduh situnya dmna c?

Situny yah di situ tuh :P


Tiba di Cangkuang stgh jam kmdn,

udh ga pake pikir panjang,
qt lgs beli tiket masuk per org 3rb.
Tp ap yg qt dptkan?

Jiah,cm begini doank.

Ga ada pemandangan yg menakjubkan dsni,

Cm ada danau yg airnya kotor (mnrt gw) &rakit.

(Beda bgt dg Situ Patengan-Bdg Selatan yg airnya hijau alami, danaunya luas dg disajikan pemandangan alami dr kebun teh&gunung Patuha, ada bebek2annya jg).


Penonton akhirny K.E.C.E.W.A.

Mgkn pd saat itu airnya emg lg kotor krn ujan x y?

Mf y tmn2, abis gw search kayanya gambar Situ cangkuang bgs bgt.


Objek wsatany kecil,

Kalo mw yg lbh ktany qt mesti nyebrangi situ dl mnuju pulau Cangkuang d tengah situ.

Yda deh,qt naik rakit&bayar lg per org 3rb.

Klo mw nyewa 1 getek msti ngeluarin 75rb.

gilja mahal amat.
Pdhl mnrt blog cm 35rb-45rb.
ah males bgt klo byr 75rb.


Di Pulau kita akan menemukan sebuah makam,
sebuah candi kecil peninggalan agama Hindu& kampung Adat Kampung Pulo.

Cukup menarik...


jam 2.30 qt lgs cabs ke t4 wsata berikutnya.

Mnrt jdwl,qt seharusnya k Situ Bagendit.

Tp krn wktu ga memungkinkan.

Akhirnya lgs ke Kawah Kamojang sekalian cari makan siang.



Alhmdlh ada petunjuk arah jalanan yg membimbing qt u/ke kamojang.

Dikatakan kampung Sampireun 4km (belok kanan).

Nah teringat note Kk kelas yg mengatakan kalo mau k Kamojang emg mesti lewatin Kp Sampireun,

Qt melewati sawah2 lg dg jalan menanjak.
Udah jalan lama,tp ko ga sampe2 y?

hmm, mendaki gunung melewati lembah.

Byk tikungan yg berkelok-kelok tajam.

Mas Jul msh aja mengendarai mobilnya dg kecepatan tinggi,

Pdhl dia ga tw medan jalannya spti apa (red:sopir qt jagoan).

Sambil menghirup udara sore yg dingin&sejuk, qt berasa spti di PUNCAKNYA GARUT.

Subhanallah indah bgt pemandangan dr sini.

Jk qt mlihat k bawah, qt bs mlihat seluruh kota Garut.

Rasanya pgn berhenti sejenak d pinggir jalan
Dan mengambil gambar utk diabadikan tp syg wktu udah tlalu sore&struktur jalan yg sempit.

Argh, aq pgn ksna lg!

Bagus bgt!


Hampir 1 jam qt menempuh jalan mendaki tsb,

tp ko msh ga nyampe2 y?

Entah sudah brp byk unit Pertamina Geothermal qt lewatin,
Tp Kamojangny blm terlihat jg.

Msh terpesona dg alamnya, qt disajikan pula oleh beberapa pipa2 panjang milik Pertamina dan desa yg tsusun rapih.

Sumpah di desa terpencil&berada di puncak gunung spti ini,
qt msh bs melihat desa yg apik.


hingga smpe pd Pertamina Geothermal unit 4 (mentok jalan),
qt bingung mw ambil arah mana.
Mnrt papan jalan, Kamojang naik ke kanan atas.

Tp saat belok kanan,ko ada tulisan
"dilarang memasuki daerah ini, kecuali petugas".

sabodo teuing,bablas aja mang..


sepi bgt jalannya...

trz tiba2 terlihat tulisan selamat datang di Kawah Kamojang.

Yiha,bener!!

Tp ko stlh melewati papan selamat datang, jalanannya jd jelek y?

hmm, gradakan gitu&tanjakan.

trz ko di pintu masuk ga ada petugas karcisnya?

masa iya qt g bayar tiket?
jgn2 karena udah sore gratis?

malah sepi bgt,g ada yg kesini x y? :P


Seolah2 ga punya dosa,
qt bablas lg tanpa bayar tiket!!

Naik2 hingga simpangan kanan qt mulai melihat kawahnya.

Disana ada 4 kawah.

Kalian akan melihat kawah pertama yg airnya biru.

Namanya Kawah Manuk.

Tp ko ga ada burungnya y?


Yg k2 kawah Berketek (kalo g salah,lupa gw).

Stlh melewati kawah k2, dtemukan parkiran yg luas.

Nah tnyta disini nih pintu masuknya.

per org mesti ngeluarin duit 5rb, kendaraan diitung 2rb.

Tp stlh mas Jul tawar menawar kaya di pasar,qt cm bayar 30rb aja..
Padahal qt bertujuh... :D

Turun dari mobil, kita langsung menuju kawah berikutnya.

Kawah Kereta Api.

Suaranya nyaring bgt, kalo ngmg aja qt mesti teriak2.

Stlh puas berfoto2 dsna, qt naik lg ke atas.

Nah ini kawah utamanya :

Kawah Hujan..
wew berasa kaya sauna, dr bawah tanah menyembur kecil air panas.

Wah pokonya seru bgt!!



Recommended...
^_^

0 comments:

Posting Komentar

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
Hanya seorang muslimah yang berharap selalu berada di jalanNYA..

Jadwal Shalat

Hits Counter

Website counter

KONTAK YM